Sunday, January 22, 2017

Kurus Bukan Berarti Anda Sehat

Tidak semestinya kurus itu sehat. Lemak yang mengelilingi organ penting seperti jantung, hati dan pankreas - yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang - sama bahayanya dengan lemak yang menjadi bagian bentuk tubuh orang gemuk.

Kurus Bukan Berarti Anda Sehat
Kurus Bukan Berarti Anda Sehat

"Kurus tidak berarti secara otomatis Anda tidak gemuk," kata Dr Jimmy Bell, Profesor Pemindaian Molecular di Imperial College, London. Sejak 1994, Bell dan rekan setugasnya memindai lebih 800 orang untuk memproduksi 'peta gemuk' untuk menemukan di mana lemak tersimpan.

Menurut data yang diperoleh Bell, mereka yang mempertahankan berat badan melalui diet, memiliki lebih banyak lemak bahkan pada mata kasar mereka terlihat kurus. Skenario ini lebih bahaya karena orang kurus selalu merasa mereka sehat karena tidak gemuk.

Sebelum ini, orang kurus dianggap lebih aktif dan sehat, tetapi menjadi orang kurus yang tidak fit juga sama tinggi risikonya dengan mereka yang obesitas dan tidak aktif. Begitupun, berita baiknya lemak pada bagian dalam bisa dibakar melalui latihan atau memperbaiki asupan diet.

"Jika ingin terlihat kurus, diet memang sudah cukup, tetapi untuk menjadi kurus dan sehat, latihan adalah komponen gaya hidup terpenting," kata Bell.

Dari 800 responden, Bell menemukan 45 persen yang memiliki BMI antara 20 sampai 25 orang memiliki lebih banyak lemak tersimpan. Dari jumlah itu 60 persen adalah pria. Skenario itu yang dinamakan sebagai TOFIs - 'thin outside, fat inside'. "Lebih kurus seseorang, lebih besar kejutannya," katanya.

Mereka yang kurus biasanya lebih banyak makan makanan berlemak, makanan manis dan tidak berolahraga, tetapi jumlah gizi itu tidak cukup banyak untuk membuat mereka gemuk dari segi penampilan.

Ilmuwan percaya tubuh menyembunyikan lemak di bagian dalam dahulu sebelum lemak 'muncul' pada bagian lain seperti perut. Begitupun, masih banyak ahli percaya BMI adalah ukuran tepat untuk kesehatan yang baik.

Ahli gizi dari Dewan Penelitian Medis Inggris (MPPB), Dr Toni Steer, mengatakan dokter tidak yakin tentang bahaya lemak pada bagian dalam tetapi beberapa ahli memprediksi ia dapat berkontribusi pada risiko serangan jantung dan diabetes, ini berdasarkan teori lemak pada bagian dalam mengganggu sistem komunikasi . Lemak yang menyelaputi organ internal mungkin mengirim sinyal kimia tubuh yang salah untuk menyimpan lemak di dalam organ seperti hati dan pankreas. Ini dapat menyebabkan masalah penolakan insulin (diabetes tipe 2) atau serangan jantung.

"Menjadi seorang yang kurus tidak berarti dia kebal pada serangan diabetes atau tidak berisiko pada serangan jantung," kata Dr Loius Teichholz dari Hackensack Hospital, New Jersey.

Teichholz mengatakan, mereka yang memiliki massa berat badan normal juga dapat memiliki tingkat lemak 'tersimpan' yang mengejutkan.

Tuesday, January 3, 2017

Tanpa Pil Diet, Turunkan Bobot 15 Kg dalam 8 Bulan

Sejak kecil, Defrina M Rahma (23) mengaku sudah punya bobot berlebih. Hal ini lebih-lebih terjadi konsisten sampai ia duduk di bangku kuliah. Meskipun demikian, ia tak patah stimulus berusaha menerapkan pola hidup sehat.

Alhasil dalam selagi 15 bulan ia berhasil turunkan berat badannya sebanyak 15 kg, berasal dari awal mulanya 85 kg menjadi 70 kg. Defrina mengaku dalam berdiet, ia mirip sekali tak mengonsumsi pil diet. Seperti apa langkah diet Defrina? Berikut kisahnya.

Tanpa Pil Diet, Turunkan Bobot 15 Kg dalam 8 Bulan
SEBELUM

Tanpa Pil Diet, Turunkan Bobot 15 Kg dalam 8 Bulan
SESUDAH

Sejak tukar ke kota Padang, tepatnya sejak saya kelas 3 SD, saya sebenarnya sudah punya berat badan yang agak berlebih. Bahkan selagi SD saya sudah punya bobot meraih 60 kg. Memasuki bangku kuliah, saya termasuk menjadi berat badan saya semakin naik sampai meraih 85 kg.

Kebetulan saya membawa rekan bersama dengan berat yang sama, sampai akhirnya kami setuju untuk turunkan berat badan bersama-sama. Tepatnya pada th. baru 2013, saya mengawali kemauan saya untuk diet sehat. Prinsip saya, saya tidak dapat minum pil diet.

Saya mengawali pola diet ini bersama dengan makan 5 kali sehari. Pagi hari saya sarapan buah atau oatmeal, lantas saya tetap minum jus wortel 3 buah, lalu di siang harinya saya perbanyak makan sayur-sayuran. Sorenya saya makan buah-buahan dan malam saya memilih teratur mengonsumsi dua butir putih telur.

BACA JUGA :
Untuk karbohidrat, saya mencoba untuk teratur makan siang bersama dengan nasi merah. Sementara itu, untuk olahraga saya fokus pada lari. Dari yang awalnya menjadi tak kuat berlari selama 10 mneit, lama-kelamaan saya justru kuat berlari selama satu jam per sesi.

Dengan pola makan dan olahraga ini, tidak menjadi selama 8 bulan berat badan saya turun 15 kg. Walaupun waktunya kemungkinan agak lama, saya kini menjadi lebih fresh, kulit saya termasuk nampak lebih bersih dikarenakan kerap makan buah dan sayur. Dalam meniti kesibukan sehari-hari saya termasuk lebih stimulus bersama dengan proses yang bertahap dan sehat ini.

Sumber : health.detik.com

Monday, January 2, 2017

Hebat... Berat Badan Turun 13 Kg Hanya Dengan Oatmeal dan Lari Pagi

Merasa berat badannya konsisten naik semenjak masa liburan, Yudhianto Raharjo (23) lantas memastikan untuk membuat perubahan pola hidupnya. Ia mengganti menu makannya dan teratur berolahraga.

Sukses! Dalam selagi lebih kurang tiga bulan, Yudhianto berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 13 kg jadi 73 kg. Berikut kisah dietnya, seperti ditulis detikHealth.

Hebat... Berat Badan Turun 13 Kg Hanya Dengan Dengan Oatmeal dan Lari Pagi
SEBELUM

Hebat... Berat Badan Turun 13 Kg Hanya Dengan Dengan Oatmeal dan Lari Pagi
SESUDAH

Setelah libur Lebaran, berat badan aku selamanya naik. Nah, untuk libur Lebaran paling akhir berat badan aku naik sampai jadi 86 kg. Padahal umumnya berat badan aku berada terhadap kisaran 80-82 kg.

Dengan berat badan sebanyak ini, aku mulai beraktivitas sedikit saja aku sudah cepat lelah. Akhirnya aku memastikan untuk berdiet dan membuat perubahan pola makan saya.

Untuk menu sarapan, aku memakan oatmeal dan susu. Kemudian untuk makan siang aku memakan nasi merah, telur dan sayuran. Untuk makan malam aku mengonsumsi daging ayam bakar tanpa nasi. Selama diet ini aku jauhi gorengan dan lebih banyak memakan buah-buahan.

Sementara itu untuk kegiatan fisik, aku biasakan untuk lari pagi tiga kali seminggu. Sekali didalam seminggu aku termasuk pergi ke gym. Berikutnya aku termasuk mengimbuhkan variasi terhadap menu makanan saya.

Saat sarapan aku jadi oatmeal bersama telur rebus dan abon. Rasanya lebih enak. Saya termasuk menggunakan lebih banyak selagi di gym dikarenakan alasan cuaca yang lebih kerap hujan dan kegiatan aku yang tengah mengerjakan tugas akhir kuliah.

Sekarang sudah 3 bulan berlalu, berat badan aku jadi 73 kilogram, aku tetap melindungi pola makan aku dan berusaha latihan angkat beban yang lebih berat untuk menaikan massa otot saya.

Sumber : health.detik.com

Berat Badan Turun 13 Kg! Hanya Dengan Makan dan Nasi

Jangan anggap remeh pentingnya menjaga pola makan dan rutin berolahraga kalau mengidamkan turunkan berat badan. Kibeng Siahaan (27) memperlihatkan bahwa bersama dengan tekad dan prinsip yang kuat, berat badan yang ideal bisa didapatkan.

Berat Badan Turun 13 Kg! Hanya Dengan Makan dan Nasi
SEBELUM

Berat Badan Turun 13 Kg! Hanya Dengan Makan dan Nasi
SESUDAH

Dengan membuat perubahan pola makan dan rutin berolahraga, berat badan Kibeng yang awal mulanya 81 kg turun jadi 68 kg di dalam selagi 10 bulan. Berikut kisah dietnya, seperti ditulis detikHealth pada Jumat (30/12/2016):

Pekerjaan saya sebabkan saya senantiasa rubah berasal dari satu area ke area lain. Efeknya, berat badan saya naik berkesinambungan sampai menggapai 81 kg. Saat sedang di area yang baru, saya sering sekali laksanakan wisata kuliner di malam hari.

Efek berat badan yang telah terlalu berlebih ini sebabkan saya jadi enteng mengantuk, pergerakan tubuh melambat dan enteng lelah. Saya termasuk merasa tampilan saya telah tidak sedap dipandang, baju pun telah tidak muat lagi.

Bertahun-tahun bersama dengan kondisi tersebut, saya merasa jelas ada pola makan yang salah di samping olahraga yang tidak pernah saya lakukan. Awalnya saya kurangi asupan kalori bersama dengan kurangi konsumsi nasi, dan juga laksanakan olahraga di rumah seperti push-up, sit-up dan dance.

Berselang lima bulan kemudian, berat saya turun 5 kg. Sumber karbohidrat saya pun saya rubah berasal dari nasi jadi gandum dan kentang. Tak lupa saya imbangi termasuk bersama dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Hari Senin sampai Jumat saya akan memperbanyak konsumsi sayuran. Lalu di hari Sabtu dan Minggu saya akan memakan segalanya, tapi senantiasa pada porsi keperluan kalori harian saya. Untuk kurangi massa lemak saya, saya aktif di area fitness bersama dengan mengikuti kelas kardio dan angkat beban maksimal 5 hari seminggu.

Seperti pepatah menyebutkan 'no pain nomor gain', itu benar adanya. Sekarang berat badan saya selama 10 bulan total turun 13 kg jadi 68 kg. Untuk menggapai berat ideal, saya perlu kurangi lebih kurang 4 kg lagi dan kini sedang saya upayakan.

Saya yakin bahwa sistem itu butuh kesabaran, prinsip dan disiplin. Diet bukan bermakna perlu lapar. Saya senantiasa termotivasi bersama dengan ungkapan 'you are what you eat'.

Sunday, January 1, 2017

Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 46 Kg

Jakarta, Pasca melahirkan anak keduanya, bobot Betsy Ayala capai 118 kg. Tapi enam bulan kemudian, wanita 34 th. ini bertekad turunkan berat badannya sebab alasan yang memadai menyakitkan bagi dia: diselingkuhi sang suami.

Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 46 Kg


"Enam bulan setelah melahirkan anak saya, saya memahami bahwa suami saya berselingkuh. Yang lebih menyebabkan saya terpukul, suami saya dan selingkuhannya menyebut saya sapi dan si gendut. Itu benar-benar menyakitkan. Apalagi kami telah berhubungan sejak saya berumur 17 tahun," tutur Betsy.

Padahal, di dalam keseharian sang suami selamanya mengatakan Betsy baik-baik saja. Bahkan, ia sering menawari Betsy junk food. Nah, sejak kala itu Betsy mulai rutin berolahraga. Bersama dengan adiknya, Betsy rutin menari dan melaksanakan zumba tiga hari seminggu.

Tak cuma itu, Betsy terhitung memperbanyak lari dan angkat beban di gym enam kali seminggu. Ia terhitung konsumsi protein shake, mengurangi asupan gula, dan mengganti camilan tinggi kalori dengan sayuran serta buah.

Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 46 Kg


Dikutip berasal dari Berita Daily Mail, Betsy mengaku selamanya menangis tiap tiap selesai berlatih. Namun, demi jadi Betsy yang lebih baik dan mampu jadi ibu yang membanggakan bagi putrinya, Betsy mampu memelihara tekadnya. Usaha Betsy berhasil, sejak menjalani program penurunan berat badan di th. 2013, kini berat badannya jadi 72 kg, turun 46 kg berasal dari bobot sebelumnya.

Sejak kecil Betsy telah bergulat dengan obesitas. Selama di sekolah ia sering dibully dan jarang melaksanakan kesibukan fisik sebab tubuhnya yang benar-benar gemuk. Nah, obesitas Betsy jadi tambah kronis sebab ia mengalami masalah kecemasan.

"Saya selamanya berasumsi makanan adalah obat bagi diri saya agar tidak cemas. Tapi ternyata, makanan justru mampu jadi sumber kegelisahan saya dan terbentuklah lingkaran setan," tutur Betsy yang telah bercerai ini, dikutip berasal dari The Sun.

Saat ini, Betsy bangga dirinya mampu melaksanakan perubahan. Apa yang ditunaikan sang mantan suami pun dianggap Betsy mampu mempunyai hikmah baginya. Walaupun, Betsy mengutamakan hal itu tak gampang ia hadapi kala pertama kali.

"Kecurangan suami saya jadi berkah tersendiri untuk saya. Meski itu menyakitkan tapi ini menopang saya menyebabkan awal kehidupan saya yang baru," tutur Betsy.

6 kegiatan Ringan yang Bisa Membakar Banyak Kalori

Banyak orang yang tak bahagia melakukan sesi olahraga di gym secara khusus. Ada juga orang yang tak bahagia melakukan style olahraga high impact yang banyak benturan.

Menurut ahli, hal ini bukan sesuatu yang tercela. Pasalnya, tersedia banyak kesibukan tak hanya sesi olahraga di gym atau olahraga high impact, yang sanggup Anda melakukan untuk membakar kalori.

6 kegiatan Ringan yang Bisa Membakar Banyak Kalori
Menari Bisa membakar Banyak Lemak kalori

"Seorang wanita dengan tinggi 164 cm dan berat badan 6 kilogram sanggup membakar 74 kalori dengan melakukan kesibukan terjadi kaki kecepatan 4,5 kilometer perjam sepanjang 1,6 kilometer,” kata Peter Weyand, PhD, seorang profesor di Southern Methodist University di Dallas dan direktur Locomotor Performance Laboratory in the Simmons School of Education plus Human Development.

“Jumlah yang mirip atau lebih-lebih lebih sanggup didapat berasal dari kesibukan tak hanya terjadi kaki. Bahkan, kesibukan rutin sehari-hari, tanpa Anda memahami - ternyata sanggup membakar kalori lebih banyak," imbuhnya. Inilah alternatif kesibukan yang sanggup Anda melakukan untuk membakar kalori ekstra sambil bersenang-senang.

6 kegiatan yang Bisa Membakar Banyak Kalori


Menggerak-gerakkan tangan dan kaki

Saat seseorang gelisah, kalau dikarenakan terlalu lama menunggu, kebanyakan bakal menggerakkan tangan dan kaki berulang kali.

Gerakan ini barangkali bakal menganggu jika dilaksanakan pas rapat. Tapi, menggerakkan tangan dan kaki secara cepat berulang-ulang sanggup membakar 350 kalori dibanding hanya duduk diam, menurut sebuah penelitian Mayo Clinic.

Downward facing dog

Anda barangkali berpikir bahwa yoga tidak lebih berasal dari gerakan peregangan. Anggapan ini tak semuanya benar. Satu jam beryoga sanggup membakar sebanyak 159 kalori.

Menari

Menari atau berdansa sanggup membakar 143 kalori hanya didalam pas 30 menit. Selain itu, kesibukan ini juga sanggup meningkatkan mood Anda.

Menemani anak-anak bermain bowling

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, namun juga sanggup membakar 191 kalori didalam pas satu jam. Alternatif lain yang mirip sehat dan menyenangkannya dan juga sanggup dilaksanakan didalam ruangan adalah bermain golf mini.

Membersihkan rumah

Tidak tersedia yang lebih menyenangkan bagi seorang ibu rumahtangga tak hanya menyaksikan anak-anak sehat dan tempat tinggal beres dan juga rapi bersih. Membersihkan tempat tinggal sanggup menunjang Anda membakar 119 kalori didalam 45 menit.

Tertawa terbahak-bahak

Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh Vanderbilt University, 15 menit tertawa sanggup membakar 10 hingga 40 kalori, tergantung terhadap intensitas tawa Anda.

Sumber: Prevention.com

Amankah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?

Amankah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?
Illustrasi
Dalam pencarian di web Google, diet ketogenik masuk di dalam 10 jenis diet yang paling banyak dicari di tahun 2016. Sebenarnya, layaknya apakah metode diet ini?

Secara umum, diet ketogenik merupakan pola makan yang menerapkan konsumsi tinggi lemak, konsumsi protein di dalam kuantitas rendah sampai sedang, serta karbohidrat rendah.

Dalam diet ketogenik, 75-90 prosen keperluan kalori harian dipenuhi berasal dari lemak, 6-20 prosen berasal dari protein, dan konsumsi karbohidrat tak lebih berasal dari 5 persen.

Pada awalannya metode diet ini bertujuan untuk mengontrol serangan kejang terhadap epilepsi. Hal itu terjadi sebelum akan ditemukannya obat untuk kejang.

Walau begitu, diet berikut terhitung banyak diterapkan oleh mereka yang menghendaki turunkan berat badan. Target diet ini adalah capai ketosis, situasi di mana tubuh gunakan lemak sebagai bahan bakar utama dan bukan karbohidrat.

Setelah tiga sampai empat hari diet ketogenik, cadangan karbohidrat yang disebut glikogen, bakal berkurang dan terjadi ketosis yang mengakibatkan penurunan berat badan. Selain itu, secara fisik terhitung bakal terlihat tubuh jadi lebih ramping.

Amankah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?


Kelebihan utama berasal dari diet ini adalah tidak mengakibatkan kelaparan sebab pola makannya mengharuskan kami memperbanyak lemak. Selain itu, situasi ketosis terhitung mengakibatkan nafsu makan berkurang.

Beberapa penelitian membuktikan diet ini cukup efektif. Selain itu, terjadi terhitung penurunan takaran tekanan darah, trigliserida, dan takaran Kolesterol baik.

Sayangnya, sebagian besar orang yang mobilisasi pola diet ini tidak mampu bertahan lama.

Pola makan

Lemak yang dianjurkan di dalam diet ini tentunya adalah lemak yang sehat, andaikata daging, telur, minyak nabati, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan sebagainya.

Dengan hanya konsumsi 50 gram karbohidrat di dalam satu hari, tentu pilihan makanannya jadi terbatas. Untuk sarapan misalnya, mungkin kami hanya bsia mengasup satu telur bersama dengan sayuran rendah kalori dan alpukat.

Sementara itu makan siang mampu berupa salad dan balsamic vinegar sebagai dressing, serta potongan ayam. Untuk camilan, kami mampu konsumsi kacang-kacangan.

Konsumsi karbohdirat yang terlalu rendah diketahui mampu merubah mood. Beberapa orang terhitung mengeluhkan susah tidur dan enteng tersinggung. Mereka terhitung jadi terobsesi terhadap makanan yang dilarang, lebih-lebih karbohidrat.

Sumber: www.health.com

Top